BIMBINGAN TEKNIS PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR DESA

Pemerintah Desa Sroyo Kecamatan Jaten,Kabupaten Karanganyar menggelar Bimbingan Teknis Bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Hotel Pondok Sari 1 Tawangmangu selama dua hari pada hari jumat dan sabtu ,29 s/d 30 November 2019.
Bimbingan Teknik (Bimtek ) yang diikuti Kepala Desa beserta Perangkatnya sejumlah 14 (empat belas) orang, Ketua dan anggota BPD sejumlah 9 (sembilan) dan Pendamping Desa 3 (tiga) orang. Bimbingan Teknis ini dibuka oleh Camat Jaten, Bp. Aji Pratomo Heru K, SH. MM. Dalam sambutannya, Bapak Camat menyampaikan “Ucapan terima kasih kepada Pemerintah Desa Sroyo yang telah mengawali mengadakan Bimtek. Bimtek merupakan cara edukasi yang strategis dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar. Untuk itu Aji Pratomo Heru K, SH. MM berharap, Bimtek ini dapat memberikan motivasi dan semangat kerja, menciptakan aparatur desa yang berkualitas dan berintegritas serta semakin memahami tugas dan fungsinya” serta selalu menjaga sinergisitas antara Pemerintah Desa dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Tegas Aji Pratomo Heru K, SH. MM.


foto : Camat Jaten beserta Kepala Desa dan Perangkat Desa Sroyo

Jadwal kegiatan pada hari Jum’at, 29 November 2019 diisi dengan beberapa materi.
Materi-materi yang disampaikan dalam Bimbingan Teknis ini adalah :
1. Hubungan Kerja antara Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), disampaikan oleh Bp. Aji Pratomo Heru K, SH. MM.
2. Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Desa, disampaikan oleh Bp. Harun Waskito, S,Sos. M.AP. dari Dispermades Kab. Karanganyar.
3. Tata Kelola Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Kepemimpinan, disampaikan oleh Bp. Timotius Suryadi, S.Sos. MM
Harun Waskito menyampaikan secara teknis dalam pengelolaan managemen dan keuangan desa. Perangkat desa sudah mempunyai tugas pokok dan fungsinya masing-masing, sehingga harus memahami betul akan tugas yang harus dikerjakan.


foto : Peserta Bimtek antusias mengikuti materi

Bp. Timotius Suryadi, S.Sos. MM. selaku Kepala Bagian Pemerintah Desa dan Kelurahan Setda Kabupaten Karanganyar dalam bimbingan teknis ini menyampaikan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya bahwa Desa Sroyo sudah memulai mengadakan Bimbingan Teknis secara mandiri bersama-sama dengan BPD. Awal yang baik untuk menjalin hubungan dalam tata kelola pemerinthan desa ke depan, karena tantangan pengelolaan pemerintahan desa akan semakin komplek. Sehingga dibutuhkan kinerja yang baik dan solid antara sesama perangkat desa sendiri ataupun dengan Badan Permusyawaratan Desa.


foto : Bp. Timotius Suryadi, S.Sos.MM beserta peserta Bimtek

Sementara hari kedua, Sabtu, 30 November 2019 kegiatan difokuskan pada outbond. Pelaksanaan outbond di Lawu Resort Tawangmangu. Kegiatan ini bertujuan untuk menja Mereka menyelenggarakan kegiatan outbound team building dalam kerangka peningkatan kinerja dan performa perangkat desa yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas secara berkelompok didalam menuntaskan/menyelesaikan tugas-¬tugas secara bersama-sama melalui serangkaian aktivitas yang dirancang untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan sebelumnya.


foto : Peserta Bimtek mengikuti kegiatan outbond

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *